Selasa, 10 April 2018

Pencemaran Minyak Teluk Balikpapan, Polri: Nanti Ketahuan Siapa yang Terlibat

Irjen Pol Setyo Wasisto,
Kadiv Humas Mabes Polri
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia --  Pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan bahwa pihak Polda Kalimantan Timur masih terus melakukan penyelidikan terkait kejadian pencemaran minyak di Teluk Balikpapan yang terjadi pada Sabtu (31/03) lalu.

"Kita akan melihat hasil penyelidikan seperti apa, siapa yang terlibat, siapa yang bertanggungjawab nanti akan ketahuan," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/04).

Termasuk menyangkut posisi Pertamina sebagai pemilik pipa minyak yang mengalami kebocoran sehingga mencemari perairan Teluk Balikpapan. "Nanti kita akan lihat (juga)," ucapnya.

Seperti diketahui, pencemaran minyak di Teluk Balikpapan terjadi karena adanya tumpahan minyak mentah yang bersumber dari pipa milik Pertamina di bawah laut dari arah Lawe Lawe menuju/dari kilang minyak di Balikpapan.

Pipa minyak tersebut terseret dan putus sehingga menyebabkan tumpahan minyak ke perairan laut. Ditengarai pipa bawah laut tersebut telah berusia 20 tahun. RH