Kamis, 10 Mei 2018

Ke Jeneponto, Menteri ESDM Bahas Blok Karaeng dengan Mukhtar Tompo

Anggota Komisi VII DPR RI
Mukhtar Tompo bersama
Menteri ESDM Ignasius Jonan
Jakarta, OG Indonesia -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan pada hari Rabu (09/05) meresmikan 15 Sumur Bor dan 21 Pembangkit Listrik Tenaga Energi Baru Terbarukan (EBT) se-Sulawesi Selatan, yang dipusatkan di Desa Batujala, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sumur bor maupun pembangkit (PLTS dan PLTMH) tersebut dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2017. Pembuatan sumur bor di Jeneponto merupakan inisiasi dari Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtar Tompo.

Dalam kunjungannya ke Jeneponto tersebut Jonan mengatakan bahwa Sulawesi Selatan juga memiliki blok migas yang saat ini dalam tahap lelang yaitu Blok Karaeng. Blok migas ini terletak di lepas pantai di bagian barat Pulau Selayar, Sulawesi Selatan.

"Sekarang sudah sudah mulai ditender, mudah-mudahan ada yang berminat. Kalau maju, nanti akan ada Dana Bagi Hasil (DBH), juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," ucap Jonan.

Upaya untuk pengembangan Blok Karaeng diungkapkan Jonan tidak terlepas juga dari sokongan Mukhtar Tompo yang merupakan putra daerah setempat. "Potensi migas di Blok Karaeng, Jeneponto, Sulawesi Selatan,  sangat bagus, sekarang dalam tahap lelang," kata Mukhtar Tompo kepada OG Indonesia.

Selepas acara peresmian, Menteri ESDM dan rombongan berkunjung ke kediaman Mukhtar Tompo di Balandangan, Kelurahan Tonro Kassi Timur, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, sekaligus membahas soal Blok Karaeng lebih dalam.

Di rumah politisi Partai Hanura ini, Jonan dijamu dengan kue-kue tradisional khas Jeneponto dan minuman ballo manis. Jonan tampak asyik menenggak beberapa gelas minuman ballo manis. RH