Kamis, 03 Mei 2018

Konsep Green Drilling ala PDSI

Uky Masduki  dari PDSI memberikan
pemaparan di IPA Convex 2018
Jakarta, OG Indonesia – Anak usaha Pertamina yang bergerak di bidang usaha pengeboran yaitu Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) berkomitmen untuk menerapkan konsep hijau atau ramah lingkungan dalam kegiatan pengeborannya. PDSI pun punya konsep Green Drilling.

Diterangkan oleh Corp. New Business Research & Development Manager PDSI Uky Masduki, untuk bekas pengeboran sumur akan ditanam kembali dengan pepohonan jika sudah tidak digunakan lagi. “Di kepala-kepala sumur di sekitarnya akan kita tanam,” ucap Uky di Booth Pertamina di IPA Convex 2018, Rabu (02/05).

Ia pun menerangkan bahwa biasanya yang hidup di sekitar kepala sumur terdapat sekitar 150 orang. Untuk memenuhi kebutuhan makan 150 orang tersebut, setiap harinya pasti ada kegiatan memasak. Sisa bahan masakan dan sisa makanan yang tak habis dimakan, oleh PDSI diolah kembali untuk dijadikan pupuk.

“Itu diolah menjadi pupuk yang namanya Takakura. Pupuknya itu digunakan untuk menanam pohon tadi, dan kalau sisa kami serahkan kepada masyarakat sekitar sebagai bagian dari program bina lingkungan,” paparnya.

“Jadi program Green Drilling kita cukup komprehensif dari menamam pohon sebanyak mungkin, lalu pupuk Takakura, dan pengelolaan waste kita juga sangat baik,” pungkas Uky. RH