Rabu, 02 Mei 2018

PDSI Perkenalkan Pusat Pembelajaran Drilling Bertaraf Internasional di Indramayu

Uky Masduki, Corp. New
Business Research &
Development Manager PDSI
Jakarta, OG Indonesia -- Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) adalah satu-satunya perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan drilling, workover & well services yang memiliki pusat pelatihan dengan menyediakan satu set rig khusus dan alat-alat pendukung operasi drilling, yang didedikasikan untuk program pendidikan, pelatihan juga sertifikasi keahlian drilling. Pusat pelatihan tersebut adalah Drilling Training Center (DTC) yang berada di Mundu – Karangampel – Indramayu, yang kini menjadi Indonesia Drilling Training Center (IDTC). 

Dalam ajang IPA Convex 2018 di JCC Jakarta, PDSI berkesempatan memaparkan pusat layanan yang dikelola dengan menggandeng PPT Migas ESDM, LSP Pertamina, Pertamina University, serta HSE Training Center Pertamina Sungai Gerong.  Menurut Corp. New Business Research & Development Manager PDSI, Uky Masduki kini IDTC melangkah lagi menjadi center of excellence and up skilling drilling knowledge di Indonesia dan pusat pembelajaran international drilling best practice bagi para professional drilling migas dan geothermal di Indonesia maupun internasional. 

“Wadah center of excellence berupa fasilitas pendidikan dan pelatihan yang memadai dimaksudkan agar dapat mengintegrasikan seluruh pengalaman dan pengetahuan drilling di Indonesia, dan menjadi  laboratorium bagi pusat pengembangan dan penelitian ilmu-ilmu dan best practices drilling," jelas Uky, Rabu (02/05).

Selain mempersiapkan pelatihan keahlian di bidang drilling,  IDTC juga telah mengantongi perizinan sebagai penerbit sertifikasi/assesor keahlian dan mampu menawarkan jasa konsultasi,  pengkajian teknologi bagi para profesional drilling yang akan bekerja di lapangan migas maupun geothermal. Ditambah lagi para pengajarnya bersertifikasi International Association Drilling Contractor (IADC) dan International Well Control Forum (IWCF) yang berpengalaman di bidang pengeboran lebih dari 30 tahun. 

Diharapkan kehadiran IDTC dapat menjadi sarana berbagi ilmu dari para tenaga ahli atau profesional di bidang drilling sehingga dapat mempermudah regenerasi bagi kader-kader muda, karena wadah ini akan menjadi sharing knowledge dan berbagi pengalaman dari para senior drilling. 

“Indonesia Drilling Training Center ini menjadi satu-satunya pusat pelatihan drilling terlengkap di Indonesia yang akan memudahkan perusahaan-perusahaan dalam bidang drilling meningkatkan kapabilitasnya dan mencetak kader-kader baru yang mumpuni,” pungkasnya. RH