Jumat, 04 Mei 2018

Pertamedika IHC Dipercaya Kelola Rumah Sakit Migas di Cepu

Bandung, OG Indonesia -- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM (BPSDM ESDM) dan PT Pertamedika IHC (Indonesia Healthcare Corporation) menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pengelolaan Rumah Sakit PPSDM Migas Cepu di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Acara penandatanganan dilaksanakan di PPSDM Geominerba, Bandung, pada acara Promotion Day Gebyar BLU PPSDM Geominerba yang merupakan salah satu unit di lingkungan BPSDM ESDM.

MoU ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamedika IHC Dany Amrul Ichdan dan Kepala BPSDM ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, dan disaksikan oleh Dirjen Minerba dan Kepala PPSDM Migas Cepu.

Lewat MoU tersebut, BPSDM ESDM menggandeng Pertamedika IHC untuk mengelola rumah sakit milik PPSDM Migas Cepu yang saat ini tengah mengalami renovasi fisik. RS PPSDM Migas Cepu yang tadinya adalah sebuah klinik yang dikenal dengan nama Balai Pengobatan ini nantinya akan di-upgrade menjadi Rumah Sakit tipe D.

Urgensi berdirinya sebuah rumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan modern dan lengkap di wilayah Cepu didorong oleh tren pertumbuhan ekonomi di Blora yang menduduki peringkat 2 se-Indonesia. Di samping itu, daerah Cepu adalah penyumbang terbesar untuk jalannya roda ekonomi Blora. 

Apalagi dengan rencana pembukaan bandara di Ngloram, Cepu, serta rencana pengembangan jalan Rembang–Blora–Cepu yang akan menjadi jalan nasional. Peran existing bisnis minyak yang masih akan berkembang untuk 30 tahun ke depan di Cepu-Blora dan Bojonegoro pun juga jadi pertimbangan. Di mana banyak perusahaan migas yang beroperasi di Cepu seperti Pertamina EP, Pertagas, Exxon, dan perusahaan-perusahaan sub-kontraktornya. 

"Di satu sisi ini memperlihatkan suatu potensi pasar yang bagus dan di sisi lain bahwa dengan berkumpulnya aset-aset milik negara ini akan memberikan kebermanfaatan yang sangat besar untuk masyarakat luas di Cepu dan sekitarnya," terang Kepala BPSDM ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, dalam keterangan resminya, Jumat (04/05).   

Nantinya, Rumah Sakit PPSDM Migas Cepu akan memiliki pelayanan Rawat Jalan, Rawat Inap dan Penunjang Medis. Rawat Jalan akan dipenuhi dengan fasilitas Klinik Umum, Klinik Gigi dan Mulut, Klinik Internis, Klinik Obsgyn, Klinik THT, Klinik Kulit dan Kelamin, Klinik Mata, Klinik Anak, Klinik Rehabilitasi Medic, Klinik Saraf, dan Kinik Jantung. 

Sedangkan fasilitas Rawat inap yang akan disediakan adalah ruang rawat kelas I,II,III, VIP, VVIP dan ICU. Untuk penunjang medis akan ada fasilitas Radiologi, Laboratorium, Hemodialisa, Fisioterapi, Gizi, Fisiotherapi, MCU, Apotik 24 Jam, Laboratorium 24 Jam, UGD, Ambulans, Kamar Jenazah, ATM Center, dan Cafetaria.  

Dirut Pertamedika IHC Dany Amrul Ichdan, menjelaskan bahwa secara bertahap rumah sakit akan dibangun disesuaikan dengan kebutuhan layanan kesehatan di wilayah tersebut. "Nantinya setahap demi setahap dapat berkembang sesuai need dan demand masyarakat," ucapnya. 

Dalam kerja sama pengelolaan dan pengembangan rumah sakit ini, BPSDM ESDM akan mempercayakan sepenuhnya kepada Pertamedika IHC untuk dapat menyediakan sarana dan prasarana yang disyaratkan dalam pendirian rumah sakit dan selanjutnya melaksanakan pengelolaan dan pengembangan rumah sakit tersebut.

Pertamedika IHC merupakan anak perusahaan Pertamina di bidang kesehatan yang telah ditunjuk oleh Menteri BUMN sebagai Holding Operator Rumah Sakit BUMN se-Indonesia. RH