Selasa, 05 Juni 2018

PLN Pasok Listrik Premium ke Jakpro untuk LRT Velodrome-Kelapa Gading

M. Ikhsan Asaad, GM PLN Disjaya
(kiri) bersama Satya Heragandhi,
Dirut Jakpro (kanan).
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT Jakarta Propertindo (Jakpro) resmi menjadi pelanggan premium dari PT PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) yang ke-126 dalam acara peresmian gardu listrik Light Rail Transit (LRT) Pulomas di area pembangunan LRT Project Velodrome-Kelapa Gading, Jakarta Timur, Selasa (05/06).

Dengan kerja sama tersebut, PLN Disjaya akan memasok listrik 32.000.000 VA untuk keperluan LRT Velodrome-Kelapa Gading yang dikelola oleh Jakpro dan ditargetkan bisa beroperasi untuk keperluan Asian Games 2018 bulan Agustus mendatang. Sumber listrik untuk pelanggan premium sendiri akan dipasok dari dua sumber tegangan guna meminimalisir risiko listrik padam.

"Kami sangat berterimakasih kepada Jakpro yang mempercayakan listrik untuk keperluan LRT kepada PLN," kata General Manager PLN Disjaya M. Ikhsan Asaad. "Kami menjamin Insya Allah tidak ada pemadaman karena dari sistem Jawa-Bali itu ada cadangan 8.000 Megawatt atau sekitar 32 persen dan itu rasanya cukup handal," sambungnya.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Satya Heragandhi mengatakan layanan listrik premium dari PLN sangat penting untuk operasional LRT Velodrome-Kelapa Gading yang akan melayani transportasi masyarakat. 

"Proyek LRT ini menjadi sangat penting karena menjadi LRT pertama di Jakarta. Dan Insya Allah dengan adanya listrik yang mulai menyala maka kereta akan mulai testing," terangnya. 

Diungkapkan Satya, kebutuhan listrik LRT dari Kelapa Gading sampai Velodrome termasuk untuk stasiun-stasiun dan back up listriknya maksimum bisa mencapai 20 Megawatt. 

"Pada saat Asian Games nanti akan ada delapan kereta yang sudah bisa jalan dengan empat rangkaian. Progress (pembangunan) LRT sendiri sekitar dua minggu yang lalu sudah sekitar 72-73 persen," tutup Satya. RH