Rabu, 06 Juni 2018

Utamakan Keselamatan Kerja, ASK Siap Tembus Pasar Migas

Jakarta, OG Indonesia-- Bicara keselamatan kerja  dan juga sertifikasi , tentunya hal ini menjadi suatu keharusan untuk diterapkan  bagi perusahaan migas dan penunjang migas. Astrindo Sentosa Kusuma (ASK) merupakan konsultan HSE, ISO series, OHSAS, SMK3  dan Training Provider yang siap menjadi referensi bagi sektor migas sebagai penyedia jasa sertifikasi dan juga pelatihan. 

Astried Kirana, Managing Director
PT Astrindo Sentosa Kusuma


Sebagaimana disampaikan Astried Kirana, Managing Director PT Astrindo Sentosa Kusuma pada OG Indonesia bahwa dirinya sudah memiliki pengalaman sejak tahun 2008 untuk menunjang keperluan sertifikasi bagi pekerja dan perusahaan di sektor migas dan juga pertambangan. “Kami sudah masuk ke oil & gas dan mining company. ASK fokus pada jasa konsultan ISO, OHSAS, SMK3, dan HSE Training Provider. HSE menjadi pilihan yang dikedepankan oleh ASK karena sekarang sedang very interesting topic, mengapa? Sebab saat ini kecelakaan kerja yang semakin meningkat ditengah pembangunan infrastruktur yang sedang marak-maraknya digenjot oleh pemerintah Indonesia, dan karena semua sudah diatur di dalam undang-undang, kami sebagai konsultan dan training provider memiliki tugas menjadi fasilitator untuk melakukan pembinaan-pembinaan dalam hal keselamatan kerja tersebut untuk selalu memprioritaskan zero accident,” ucap Astried (5/6/2018).



Layanan training yang diberikan ASK pun terbilang sangat fleksibel dimana klien dapat menentukan atau memilih sesuai dengan kebutuhannya, “Untuk Training, kita ada public dan in house, jadi kalau public bisa saja diikuti oleh perorangan yang biasanya dari masing-masing perusahaan mengirimkan perwakilan pekerjanya untuk mengikuti training tersebut. Kita pun ada juga yang sistem training in house, dimana kami secara eksklusif membuat training untuk salah satu perusahaan, mereka yang mengumpulkan peserta secara internal dari perusahaan tersebut dan kami siap datang dengan para instruktur yang mempunyai kompetensi di bidangnya, dapat di customize dan disesuaikan dengan kebutuhan klien,”papar wanita enerjik yang pernah berkarir sebelumnya di salah satu perusahaan penunjang migas asal German ini.

Tambah Astried, “Selain itu bagi perusahaan yang ingin disertifikasi ISO, SMK3 kami pun siap melakukannya, untuk biasanya untuk keperluan tender atau peningkatan manajemen sistem di perusahaan tersebut seperti ISO 9001 Manajemen Mutu, ISO 14001 Environment Management, OHSAS 18001 Occupational Health Assesment juga Sistem Management K3 yg telah menjadi mandatory dari pemerintah Indonesia. Energy Management System yang memang dibutuhkan oleh perusahaan migas dan energi, serta tak ketinggalan ISO 45000 yaitu sertifikasi yang terbaru dari OHSAS,”tambahnya.

Sebagaimana diketahui  ASK sudah mengantongi  SK dari Kementerian ketenagakerjaan, sehingga menjadi mudah bagi konsultan dan training provider ini untuk menebus beberapa sektor industrial karena sudah didukung dari mulai instruktur sampai dengan sertifikasi tenaga ahli oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Langkah optimis ASK untuk bersaing sebagai konsultan dan training provider berkualitas bukan tak beralasan, pasalnya sang Managing Director selalu menerapkan bahwa kepuasan klien adalah prioritas, tanpa khawatir dengan harga yang ditawarkan, “Secara harga kami sangat kompetitif, karena prinsip kami adalah ‘selling by heart’, kami tidak mau karena persaingan training provider sangat ketat sehingga kami menurunkan harga yang tidak make sense namun mengabaikan kualitas training, nah kami tidak seperti itu. Justru kami akan menyesuaikan apa yang menjadi kebutuhan klien dan kami akan bantu mengurus sampai detail terkecil dengan terus memprioritaskan kualitas pelayanan,”pungkas Astried optimis. (MB)