Jumat, 06 Juli 2018

Mukhtar Tompo Minta Pembangunan PLTB Jeneponto Dikebut

Mukhtar Tompo (tengah)
berbincang bersama
Menteri ESDM Ignasius Jonan
Sidrap, OG Indonesia -- Saat peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap di Desa Mattirotasi, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtar Tompo meminta kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan agar pembangunan PLTB lainnya di Sulawesi Selatan seperti PLTB Tolo-1 atau disebut juga PLTB Jeneponto dipercepat.

PLTB Jeneponto yang dibangun di Desa Lengke-Lengkese, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan ini nantinya akan memiliki kapasitas sebesar 72 Megawatt (MW). Jika sudah beroperasi, PLTB ini akan menjadi PLTB terbesar kedua di Indonesia setelah PLTB Sidrap yang memiliki kapasitas 75 MW.

"Kapasitasnya hampir sama dengan PLTB Sidrap. Harapan saya pembangunan PLTB Jeneponto bisa selesai bulan Oktober atau November tahun 2018 ini," kata Mukhtar Tompo kepada OG Indonesia, Jumat (06/07).

Legislator kelahiran Jeneponto ini berharap kabupaten tanah kelahirannya yang memiliki potensi angin terbaik di Asia dapat berkontribusi memberikan pasokan listrik di Sulawesi Selatan bahkan untuk tingkat nasional.

"Dengan hadirnya PLTB Jeneponto ini dampaknya akan memperkuat energi listrik di sistem pembangkit Sulbagsel dan siap menyambut kebangkitan industri di Sulawesi khususnya Sulsel," ucap Mukhtar. RH