Kamis, 16 Agustus 2018

Gelontorkan Dana Eksplorasi US$ 200 Juta, Pertamina Siap Cari Cadangan Migas Baru


Gambar terkaitJakarta, OG Indonesia-- PT Pertamina (Persero) menyediakan dana untuk mencari cadangan minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia dalam lima tahun ke depan. Saat ini sudah ada beberapa titik yang ditentukan untuk mencari cadangan migas.



Senior Vice President Eksplorasi Hulu Pertamina Yudantoro mengatakan setidaknya ada lima titik yang tengah menjadi incaran dalam mencari cadangan migas. Pertama, di wilayah kerja Offshore North West Java. Perkiraan cadangannya 200 MMBTOE.

Kedua, di Jawa Timur yang cadangan sekitar 100 MMBTOE. Ketiga, di Sumatera dengan cadangan 250 mmbtoe. Lalu dua titik, di Pulau Sulawesi yang perkiraan cadangannya mencapai 70 dan 200 mmbtoe.

Pengeboran di lima titik ini dilakukan secara bertahap. Alasannya untuk meminimalkan risiko dalam kegiatan pengeboran.

Pengeboran awal kemungkinan dilakukan di Blok ONWJ. Pertamina menargetkan bisa mengebor di blok tersebut tahun 2019. Namun, jika itu tak terkeja bisa dilaksanakan tahun berikutnya.

Mengenai dananya sudah diajukan ke Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). “Kami sudah mempunyai komitmen ke SKK Migas sebesar US$ 200 juta untuk lima tahun. Awalnya diminta untuk menyiapkan program di open area atau di mana saja. Lalu, kami mengajukan ke SKK Migas dan disetujui,”ucapnya di Jakarta, Rabu (15/8).

Adapun selama semester I tahun 2018, kegiatan pengeboran sumur eksplorasi seluruh kontraktor migas di Indonesia hanya terealisasi 11 sumur. Padahal target tahun ini 104 sumur.