Jumat, 10 Agustus 2018

Sindiran Pekerja Lewat Gerakan Koin #SAVEPERTAMINA

Jakarta, OG Indonesia -- Ada yang tak biasa ditemui di pintu masuk ke gedung utama Pertamina Pusat, Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat (10/08). Di samping alat pendeteksi tubuh di depan pintu masuk diletakkan kotak pengumpulan koin dengan tulisan "Gerakan Koin #SAVEPERTAMINA".

Aksi pantomim turut mewarnai Gerakan Koin #SAVEPERTAMINA tersebut untuk menarik perhatian orang-orang yang lewat. Para karyawan Pertamina yang melintas di tempat tersebut pun dengan sukarela menyisihkan uangnya untuk menyumbang gerakan pengumpulan koin tersebut.

Ada pun aksi pengumpulan koin di kantor pusat Pertamina tersebut digagas oleh pekerja Pertamina yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) sebagai bentuk sindiran dari sejumlah masalah yang tengah mendera Pertamina saat ini. 

Tertulis di kotak pengumpulan koin, bahwa koin yang terkumpul akan dipakai antara lain untuk membantu gaji direksi akibat organisasi Pertamina yang terlalu gemuk karena keluarnya SK 039 Menteri BUMN.

Kedua, untuk menolong membeli crude impor sebagai imbas harganya yang melonjak. Ketiga, untuk menolong beli BBM impor karena  Pertamina terkekang tidak boleh menaikkan harga BBM. 

Keempat, untuk membantu subsidi BBM 1 Harga yang selama ini membebani Pertamina. Dan kelima, untuk mengurangi pinjaman utang sehingga Pertamina tidak perlu sampai share down KKS. RH