Senin, 10 September 2018

Gigih Geser Jobi sebagai Dirut PGN

Gigih Prakoso jadi dirut baru PGN
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- PT Perusahaan Gas Negara Tbk pada hari ini, Senin (10/09), mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Salah satu keputusan RUPSLB adalah mengganti Direktur Utama (Dirut). Di mana posisi Jobi Triananda Hasjim sebagai dirut digeser oleh Gigih Prakoso.


"RUPSLB memutuskan perubahan pengurus yaitu dari dirut yang sebelumnya Jobi Triananda Hasjim menjadi Gigih Prakoso dengan suara 76,9 persen," kata Sekretaris Perusahan PGN Rachmat Hutama. 

Gigih Prakoso sebenarnya adalah orang lama di PGN. Sebelum menjabat sebagai Direktur Manajemen Investasi dan Risiko PT Pertamina (Persero) sejak Agustus 2017, Gigih pernah mengisi posisi Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN dari Mei 2017 sampai Agustus 2017.

Dewan Komisaris PGN tak menyatakan alasan pasti kenapa terjadi pergantian dirut. Disampaikan IGN Wiratmaja Puja, Komisaris Utama PGN, yang jelas pergantian dirut terjadi sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Wirat menerangkan, pertimbangan pergantian pengurus sesuai peraturan yang berlaku adalah kewenangan dari pemegang saham seri A Dwi Warna atau pihak Pemerintah. "Itu alasannya, memang keputusan pemegang saham seri A," kata Wirat. 

Penunjukan Gigih Prakoso sebagai Direktur Utama PGN diputuskan dalam mata acara ketiga di RUPSLB. Adapun tiga mata acara yang dibahas dalam RUPSLB siang tadi antara lain: 

1. Pemaparan dan evaluasi kinerja semester I-2018 perusahaan,
2. Perubahan anggaran dasar perusahaan dan

3. Perubahan susunan pengurus perusahaan.

Berikut adalah susunan direksi PGN saat ini setelah dilakukan RUPSB: 
Direktur Utama: Gigih Prakoso 
Direktur Komersial: Danny Praditya 
Direktur SDM dan Umum: Desima Equalita Siahaan 
Direktur Keuangan: Said Reza Pahlevy
Direktur Infrastruktur dan Teknologi: Dilo Seno Widagdo