Jumat, 26 Oktober 2018

45 Tahun Bangun Indonesia, Indika Energy Siap Diversifikasi Bisnis

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk. mengadakan syukuran atas hari jadinya yang ke-18 untuk mengapresiasi segenap pemangku kepentingan yang mendukung tumbuh dan berkembangnya perusahaan. Pada kesempatan yang sama, perusahaan menjelaskan segala kontribusi dan pencapaian selama lebih dari 45 tahun turut serta membangun Indonesia, juga arah pengembangan perusahaan ke depannya.

Mengusung tema acara #YangTerbaikUntukIndonesia, Indika Energy juga memberikan apresiasi kepada para penggiat sosial di bidang Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat, Lingkungan Hidup dan Perdamaian, atas upaya dan kontribusi tak ternilai untuk menjadikan Indonesia lebih baik, sejalan dengan nilai-nilai Indika Energy.

Indika Energy telah berdiri sejak tahun 2000. Namun sebagai sebuah Grup usaha, Indika Energy telah turut membangun Indonesia selama lebih dari 45 tahun melalui pemenuhan kebutuhan energi yang penting untuk mendukung perekonomian dan juga proyek-proyek strategis energi dan infrastruktur di seluruh penjuru Nusantara.

Anak perusahaan Indika Energy misalnya Tripatra telah membangun berbagai mahakarya industri energi nasional berskala besar. Pada tahun 1975, Tripatra mengerjakan proyek pasokan gas kepada pabrik pupuk terbesar di Sumatra Selatan, dan pada tahun 1993 mengerjakan proyek fasilitas pemrosesan dan kompresi gas di Arun, Aceh. 

Selain itu di Timur Indonesia, Petrosea membangun infrastruktur di Papua, termasuk jalan dan jembatan di perkotaan dan hutan, juga rumah sakit dan pelabuhan, serta memperbaiki landasan udara di Timika sehingga dapat dilandasi oleh pesawat komersial.

Pada saat pemerintah mulai mengembangkan potensi batubara sebagai sumber energi alternatif, Kideco Jaya Agung menjadi salah satu perusahaan tambang batubara terbesar dan paling efisien di Indonesia. Kideco memasok batubara bersih ramah lingkungan untuk pembangkit listrik tenaga uap yang menjadi kunci penggerak roda ekonomi masyarakat Indonesia. 

Cirebon Electric Power, perusahaan pembangkit listrik yang sebagian sahamnya dimiliki Indika Energy, bahkan didukung teknologi supercritical yang ramah lingkungan dengan tingkat efisiensi tinggi. Operasional perusahaan juga didukung Mitrabahtera Segara Sejati, perusahaan transportasi dan logistik laut untuk barang curah dan sumber daya alam.

Ke depannya, Indika Energy beraspirasi untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan prioritas Indonesia. “Indika Energy sedang bertransformasi dari perusahaan energi terintegrasi menjadi perusahaan investasi dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi,” tutur Arsjad Rasjid, Direktur Utama Indika Energy, Kamis (25/10).

Di dalam portofolio bisnis yang sama yaitu energi dan khususnya batubara, Indika Energy akan memperluas cakupan pelanggan yang dilayani perusahaan, mengeksplor target sektor bisnis yang baru, dan terus mendorong sinergi di antara unit usaha. 

Indika Energy juga melakukan diversifikasi usaha di bidang yang terkait dengan portofolio bisnis saat ini, dan memanfaatkan keunggulan dan kompetensi perusahaan di bidang energi. Misalnya saja mengembangkan sektor midstream minyak dan gas dengan membangun terminal penyimpanan produk bahan bakar, juga menyediakan layanan informasi, komunikasi dan teknologi (ICT) dengan mendirikan Indika Digital Teknologi yang akan memanfaatkan perkembangan Industry 4.0 untuk meningkatkan keunggulan operasional industri di Indonesia secara umum.

“Tujuan pengembangan bisnis perusahaan adalah agar secara jangka panjang Indika Energy dapat memberikan nilai tambah yang optimal dan berkelanjutan untuk seluruh pemangku kepentingan, juga berkontribusi lebih besar kepada pembangunan Indonesia,” tambah Arsjad. RH