Selasa, 16 Oktober 2018

Bencana Banjir, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG di Madina Aman

Foto: ET
Medan, OG Indonesia -- Bencana banjir dan longsor yang terjadi beberapa hari lalu di  Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, tidak mengganggu distribusi BBM dan LPG PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I ke wilayah tersebut.

Untuk penyaluran LPG di wilayah Madina tidak terlalu berdampak karena musibah tersebut. Meskipun Kecamatan Ulu Pungkut terjadi bencana banjir, namun akses jalan tidak terputus sehingga penyaluran LPG ke pangkalan masih dapat dilakukan dengan normal. Meskipun penyaluran LPG di Kecamatan Natal masih terkendala cuaca buruk dan perbaikan jalan masih dalam proses, suplai dapat dilakukan dengan melalui titik pasok terdekat, yaitu Kecamatan Sinunukan. Mobil agen pun tetap disiagakan dalam kondisi LPG isi menuju Kecamatan Natal segera setelah jalan akses dapat dilalui.

Adapun, pasokan BBM ke Kabupaten Mandailing Natal normal untuk tujuh lembaga penyalur dari total sembilan lembaga penyalur. Dua SPBU di Kecamatan Natal terdampak oleh longsor dan jembatan putus, namun saat ini proses bongkar dan pengantaran BBM sedang berlangsung setelah akses menuju kedua titik SPBU tersebut mulai terbuka.

Beberapa wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) kain seperti Kabupaten Pasaman Barat – Sumbar, dan Kabupaten Aceh Singkil – Aceh, juga terkena bencana. Dampak bencana banjir di Kabupaten Pasaman Barat dapat teratasi dan penyaluran BBM dan LPG sudah berjalan lancar. Demikian pula musibah serupa di Kabupaten Aceh Singkil tidak membuat penyaluran BBM dan LPG di wilayah tersebut terganggu.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Rudi Arriffianto, mengatakan bahwa Pertamina tetap berupaya secara maksimal untuk penyaluran BBM dan LPG termasuk dalam kondisi sulit sekalipun. Bencana banjir dan longsor tidak menghalangi semangat Pertamina untuk tetap menjalankan kewajibannya.

“Pertama kami menyatakan prihatin dan empati atas musibah yang menimpa di beberapa wilayah Sumbagut dan Pertamina telah menyiapkan bantuan sebagai bentuk solidaritas. Kami juga memastikan Pertamina terus mengupayakan dengan upaya terbaik untuk pendistribusian BBM dan LPG kepada masyarakat di wilayah terdampak dan dilaporkan hingga hari ini pasokan BBM dan LPG ke wilayah-wilayah tersebut relatif normal,” urai Rudi. RH