Kamis, 06 Desember 2018

Rosatom Turut Meriahkan Festival Nuklir 2018 yang Diadakan Batan dan Kommun

Jakarta, OG Indonesia -- Badan Tenaga Nuklir Nasional Indonesia (BATAN) dan Komunitas Muda Nuklir Nasional (KOMMUN) mengadakan kegiatan Festival Nuklir tahunan yang berhasil menarik lebih dari 2.000 orang untuk menghadiri program 3 hari yang diadakan di Jakarta ini. Dalam festival ini juga diadakan diskusi tentang kesadaran, penerimaan publik dan keuntungan teknologi nuklir.

Rosatom, perusahaan teknologi nuklir asal Rusia yang jadi peserta utama serta sponsor kegiatan tersebut memulai kegiatan sejak hari pertama (Jumat, 30 November 2018) dengan pemutaran filmi "Wild Edens: Rusia". Film ini merupakan serangkaian film dokumenter panjang tentang alam tersembunyi yang terpencil dan dilindungi, di mana ekosistem yang ada sangat rentan terhadap efek pemanasan global, film pertama berpusat di habitat alami yang unik di Rusia. Proyek Wild Edens diproduksi oleh Rosatom dan disiarkan oleh National Geographic. 

Sebagai info, penayangan perdana film dokumenter baru "Wild Edens: Turkey", yang merupakan film seri kedua yang berlangsung di Ankara, Turki pada 22 November lalu, akan mulai disiarkan oleh National Geographic pada bulan Desember ini.

Sementara film ketiga dalam seri ini akan berpusat pada flora dan fauna unik yang dimiliki oleh India dan Bangladesh. Film dokumenter ini difilmkan di sejumlah lokasi terisolasi dan terpencil, di antaranya Tamil Nadu, Manas Sanctuary, dan Western Ghats. Penayangan perdana film "Wild Edens: South Asia" akan berlangsung pada bulan Maret di Mumbai (India). Film dokumenter ini akan disiarkan oleh National Geographic pada musim semi dan musim panas 2019.

Flora dan fauna kita yang rapuh berada pada ancaman yang besar dan planet kita tercekik akibat tekanan karbon yang melumpuhkan. "Melalui proyek Wild Edens, Rosatom ingin menarik perhatian masyarakat internasional akan perubahan iklim dan kebutuhan transisi global untuk energi yang bersih," ujar Richard Supriyadi, Wakil Direktur Rosatom Asia Tenggara.

Pada hari kedua festival (Sabtu, 1 Desember 2018), Rosatom berpartisipasi dalam Seminar Nasional yang membahas peran pemuda di Indonesia dan bagaimana mereka dapat mendorong pembicaraan dan penerimaan Nuklir di masa depan. 

Bersama dengan Luca Capriotti, Presiden IYNC, pihak Rosatom menggambarkan pentingnya dialog dengan pemuda, terutama dalam industri yang sangat kompleks seperti energi nuklir. Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial, Rosatom memahami bahwa keterlibatan pemuda sangat penting untuk masa depan seluruh industri. 

Festival Nuklir 2018 berakhir pada hari ke-3 (Minggu, 2 Desember 2018) dengan diselenggarakannya kegiatan luar ruang yang terbuka untuk umum seperti Color Run, Fun Bike, dan pameran Nuklir di stan Rosatom. Kegiatan populer di antara pengunjung yang hadir adalah aplikasi NPP in Your Hand yang memungkinkan pengguna aplikasinya melakukan tur ke pembangkit listrik tenaga nuklir dengan teknologi augmented reality-nya. Kegiatan menarik lainnya yang ada di stan Rosatom adalah Cube Puzzle dan Physics Quiz. RH