Senin, 28 Januari 2019

Direvitalisasi, RS PPSDM Migas Permudah Layanan Kesehatan Masyarakat Cepu

Blora, OG Indonesia -- Kementerian ESDM kembali meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui pendirian fasilitas kesehatan di lingkungan kerja unit Kementerian ESDM yang akan melayani masyarakat umum. Badan Pengembangan SDM ESDM (BPSDM ESDM) c.q Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Minyak dan Gas melakukan revitalisasi Rumah Sakit PPSDM Migas di Cepu, Blora, Jawa Tengah, didukung oleh PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) dan PT. Pertamedika-Indonesia Healthcare Corporation (IHC).


Kepala BPSDM ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan bahwa rumah sakit ini bakal dijadikan salah satu pusat kesehatan di daerah Cepu. "Kita sediakan dokter spesialis di sini (Cepu), masyarakat tak perlu jauh-jauh pergi ke kota besar," ungkap Wiratmaja saat kick off revitalisasi RS yang ditandai dengan peletakan batu pertama dilakukan di RS PPSDM Migas, Cepu, Blora, Jawa Tengah, Jumat (25/01).

Dukungan serupa diberikan juga oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho atas keberadaan adanya revitalisasi RS PPSDM Migas meski belum dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang kesehatan. "Rumah sakit ini sangat dibutuhkan masyarakat, di Blora ada hampir 19 ribu jiwa, sementara fasilitas kesehatan masih terbatas, hanya ada dua RS milik pemerintah dan 5 RS swasta. Rumah Sakit PPSDM Migas akan menjadi solusi ke depan," papar Djoko.

PT. PGN melalui anak perusahaanya PGN Mas bertanggungjawab melakukan revitalisasi fisik bangunan, sementara PT. Pertamedika-IHC bertugas menyediakan alat rumah sakit. Direktur SDM dan Umum PT. PGN Tbk, Desima E Siahaan mengatakan bahwa program yang dilakukan kali ini untuk mendorong kemakmuran masyarakat dan mempermudah masyarakat memperoleh fasilitas kesehatan dengan standar tinggi. Pada saat launching, yang rencananya dilakukan Oktober 2019, RS ini berpredikat kelas D+. "Revitalisasi akan dilakukan bertahap, membangun tower 10 lantai untuk rawat inap dan menggunakan konsep green and healthy hospitals," jelas Desima. 

BPSDM ESDM akan terus berupaya menggerakan roda perekonomian masyarakat Cepu dan sekitarnya. Selain rumah sakit, BPSDM ESDM masih memiliki banyak aset di Cepu yang bisa dikembangkan untuk kemajuan masyarakat. Salah satunya adalah PEM Akamigas, rencananya mahasiswa tingkat akhir akan diwajibkan untuk indekos di rumah penduduk agar terjadi blending culture dan memperkaya sudut pandang masyarakat sekitar agar lebih open minded. RH