Kamis, 10 Januari 2019

Gojek Kini Hadir di Papua


Jayapura, OG Indonesia -- Gojek, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terbesar di Indonesia, kini hadir di Kota Jayapura, Papua. Hadirnya Gojek di Jayapura, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan berbagai layanan lengkap dengan mudah. Di saat yang sama, Gojek juga membantu pekerja sektor informal serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memperoleh pendapatan lebih baik melalui teknologi.

Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano meresmikan hadirnya layanan Gojek di Jayapura dengan melakukan pemukulan Tifa bersama VP Gojek Regional Indonesia Bagian Timur Anandita Danaatmadja dan City Head Jayapura Irto Sarungu di Lapangan Kantor Walikota Jayapura, Kamis (10/01). Turut hadir dalam acara Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Robby Urbinas serta jajaran SKPD Pemerintah Kota Jayapura.

Benhur Tomi Mano berpesan kepada mitra pengemudi agar dapat melayani masyarakat dan bekerja dengan baik, karena ini merupakan salah satu jalan untuk mewujudkan Jayapura menjadi Smart City. "Saya harap masyarakat sekitar dapat mendukung kehadiran Gojek di Jayapura dalam rangka meningkatkan taraf hidup pekerja sektor informal dan pemberdayaan UMKM. Bagi masyarakat yang masih mengandalkan mata pencaharian pada ojek pangkalan, saya mengajak ayo bergabung dengan Gojek dan hindari pemalangan-pemalangan jalan," ucapnya.

Dalam kempatan yang sama, VP Gojek Regional Indonesia Bagian Timur Anandita Danaatmadja mengatakan dengan wilayah operasional Gojek yang diperluas merambah Papua, pihaknya berharap lebih banyak lagi UMKM dan pengusaha mikro seperti mitra pengemudi di Jayapura yang bisa merasakan manfaat hadirnya Gojek. Hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2017 mengungkapkan, Gojek telah berkontribusi Rp 8,2 triliun per tahun dari penghasilan mitra pengemudi dan Rp 1,7 triliun dari mitra UMKM terhadap perekonomian nasional.

Dalam perekrutan di Jayapura, Gojek memprioritaskan ojek lokal untuk menjadi mitra pengemudi terlebih dahulu. Yaitu dengan melakukan sosialisasi ke puluhan pangkalan ojek yang tersebar di seluruh wilayah Kota Jayapura. Masuknya Gojek di Jayapura sendiri sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia Timur. Layanan yang diberikan Gojek untuk masyarakat Jayapura antara lain pengantaran penumpang (GO-RIDE), pengantaran makanan (GO-FOOD) dan pengantaran barang (GO-SEND), serta pembayaraan non tunai (GO-PAY).

Per September 2018, Aplikasi Gojek saat ini telah didownload lebih dari 108 juta kali dan telah dinikmati masyarakat di 167 kota di Indonesia. Sebagai penyedia layanan, Gojek telah menghubungkan konsumen kepada lebih dari satu juta pekerja sektor informal serta lebih dari 300.000 UMKM dan lebih dari 30.000 layanan lainnya di seluruh Indonesia.