Jumat, 11 Januari 2019

Lima Blok Migas Siap Dilelang Pada Januari 2019

Djoko Siswanto, Dirjen Migas KESDM
Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) siap melelang lima Wilayah Kerja (WK) Migas pada akhir Januari nanti yang akan masuk ke dalam lelang WK Migas Tahap I tahun 2019.

Dikatakan oleh Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, lima WK Migas tersebut terdiri dari tiga WK Migas eksplorasi dan dua WK Migas eks produksi.

"Untuk tahap satu itu ada lima blok, tiga eksplorasi, dua yang eks produksi. Yang eks produksi ada West Kampar dan Selat Panjang, dan yang eksplorasi itu West Ganal yang bekas Makassar Strait, lalu Anambas, dan satu lagi West Kaimana," ungkap Djoko di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (11/01).

Dijelaskan Djoko, West Ganal menjadi khusus blok eksplorasi di mana sebelumnya bernama Blok Makassar Strait. Sementara untuk West Seno yang sudah punya fasilitas produksi dikeluarkan dari WK Makassar Strait dan digabung dengan Blok Rapak yang dikelola Chevron.

Pemerintah memang tetap gencar melakukan lelang WK Migas. Pada tahun 2019 lalu ada sembilan blok migas yang laku dilelang, dan pada tahun 2017 ada lima blok migas yang laku. 

Semua blok migas yang laku tersebut telah menggunakan skema bagi hasil gross split. Sebelumnya, pada tahun 2015 dan 2016 tak ada satu pun blok migas yang laku dilelang oleh Pemerintah. RH