Kamis, 31 Januari 2019

Medco Umumkan Tawar Saham Ophir Senilai £390 Juta

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Medco Energi Global PTE. Ltd. (Medco Global), anak perusahaan PT Medco Energi Internasional Tbk (Medco) dan Ophir Energy Plc (Ophir) pada Kamis (30/01) mengumumkan ketentuan-ketentuan atas penawaran tunai oleh Medco Global atas Ophir, dengan nilai sebesar £390,6 juta. Berdasarkan ketentuan Penawaran, para pemegang saham Ophir akan menerima 55 pence untuk setiap saham Ophir yang dimiliki.

Rincian atas Penawaran dan persyaratannya tercantum dalam pengumuman dari Medco Global yang diumumkan pada tanggal 30 Januari 2019 berdasarkan UK City Code terkait Takeovers and Mergers. Akuisisi tersebut bergantung kepada persetujuan dari pemegang saham Ophir dan persetujuan peraturan-peraturan otoritas lainnya.

Ophir memiliki portofolio atas aset internasional dan Medco yakin bahwa perpaduan antara dua perusahaan akan memperkuat keberadaan di Asia Tenggara. Perpaduan bisnis tersebut akan memiliki skala yang lebih besar dalam cadangan dan produksi, cakupan geografis yang lebih luas untuk peluang di masa yang akan datang dan, dalam pandangan Medco, akan memberikan keseimbangan atas portofolio produksi dan perkembangan aset regional, dengan hasil yang menguntungkan untuk para karyawan, mitra kerja, dan negara-negara tuan rumah. Transaksi ini akan meningkatkan pro forma produksi tahun 2019 Medco sekitar sebesar 29% menjadi 110 Mboe/d, dan kombinasi cadangan2 2P and sumber daya3 2C dari 117% menjadi 1.252 MMboe.

Pasca akuisisi yang telah dilakukan pada minyak dan gas, pertambangan dan ketenagalistrikan beberapa tahun ke belakang, transaksi ini sesuai dengan strategi kami untuk secara selektif memperluas eksistensi Medco secara internasional. Pemahaman manajemen Medco atas aset produksi Ophir sehingga memungkinkan aset dapat diintegrasikan secara efisien ke dalam portofolio Medco.

Medco akan membiayai rencana akuisisi dari dana yang berasal dari perjanjian kredit yang ditandatangani oleh Medco Global untuk tujuan rencana akuisisi.

Mengomentari rencana akuisisi, Hilmi Panigoro, Direktur Utama Medco, mengatakan upaya ini akan meningkatkan skala, diversifikasi, dan peluang pertumbuhan kombinasi bisnis Medco serta menciptakan perusahaan minyak dan gas independen terkemuka di Asia Tenggara. " Ini memperkuat posisi Medco sebagai Perusahaan energi dan sumber daya yang terintegrasi. Medco percaya bahwa strategi dan finansial yang logis dan menarik dari transaksi ini akan menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan," ucap Hilmi. RH