Rabu, 16 Januari 2019

Pengurus Perhapi Periode 2018-2021 Resmi Dilantik

Foto: Hrp
Jakarta, OG Indonesia -- Badan Pengurus Pusat (BPP) Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) periode 2018-2021 resmi dilantik pada hari ini, Rabu (16/01), bertempat di Gedung B Ditjen Minerba Kementerian ESDM, Jakarta. Acara pelantikan tersebut sekaligus rapat pleno pertama BPP Perhapi 2018-2021.

Dikatakan oleh Rizal Kasli, Ketua Umum Perhapi periode 2018-2021 yang terpilih pada Kongres X Perhapi tanggal 1 November 2018 lalu, para ahli pertambangan memiliki peran sangat penting dalam mengembangkan kegiatan pertambangan di Indonesia apalagi seiring terealisasinya proses divestasi tambang Freeport sebesar 51% kepada Indonesia melalui PT Inalum (Persero).

Ia menjelaskan kegiatan produksi tambang Freeport yang kini mengarah ke tambang bawah tanah dengan segala kompleksitasnya menjadi tantangan tersendiri bagi para ahli pertambangan untuk dapat meningkatkan kompetensi diri serta memiliki penguasaan teknologi. "Kompleksitas pengoperasian tambang bawah tanah dan mitigasi risikonya sangat penting demi keberlangsungan operasi," ucap Rizal.

Sementara itu Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono  yang turut hadir dalam acara pelantikan pengurus Perhapi 2018-2021 menekankan bahwa Perhapi adalah partner Pemerintah yang bisa memberi masukan dan kritik dalam perbaikan pengelolaan pertambangan di Indonesia. "Saya berharap kerjasama Perhapi dan Pemerintah dapat berlanjut terus," ucap Bambang. 

Adapun susunan Badan Pengurus Pusat Perhapi Periode 2018-2021 yang baru saja dilantik adalah sebagai berikut:

- Ketua Umum: Rizal Kasli
- Wakil Ketua Umum: Sudirman Widhy Hartono
- Sekretaris Umum: Resvani
- Sekretaris 1 - Tata Kelola Kesekretariatan/Kepala Sekretariat: Edy Jamal Tuheteru
- Wakil Sekretaris 1/Wakil Kepala Sekretariat: Deni Firmansyah
- Sekretaris 2 - Tata Kelola Organisasi, AD/ART dan Program Kerja: Wandi
- Wakil Sekretaris 2: Widya Kania Rahayu
- Sekretaris 3 - Tata Kelola Kelembagaan, Publikasi dan IT: Leonard M. Manurung 
- Wakil Sekretaris 3: Hilda Meistra  Sari Naibaho
- Bendahara Umum: Pancanita Novi Hartami
- Bendahara 1 - Tata Kelola Pencatatan & Pelaporan Keuangan: M. Miftah
- Bendahara 2 - Tata Kelola Transaksi Keuangan: Cory Elisabeth Manurung