Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Bagian Tersulit Dalam Bisnis Itu Hanya Di Awal Saja. Jangankan memulai bisnis, memulai bangun pagi saja terasa mengerikan bagi seseorang yang doyan begadang dan sulit bangun pagi. Memulai berhenti merokok pun terasa seperti kiamat kecil bagi pecandu berat nikotin. Padahal semua itu semudah membalikkan sebelah tangan saja untuk memulainya. Ini bagi yang sudah pengalaman lho.

Kalau mau jujur, saya dulunya perokok berat dua tiga bungkus kretek sehari. Susah berhentinya hingga tiba waktunya saya tahu manfaat dari tidak merokok. Terutama setelah saya menikah dan memiliki seorang anak. Dua bungkus rokok setimpal dengan satu tudung saji berisi nasi berikut lauk-pauk untuk sebuah keluarga baru. Tidak merokok juga bagus untuk pernapasan janin bayi kami. Begitulah pesan positif yang saya bangun dalam kepala terus menerus. Sejak itulah saya berhenti merokok begitu saja. Ya, hanya begitu saja! Tidak pakai obat, tidak pakai resep dokter, tidak pakai jampi-jampi cuman berhenti merokok begitu saja! Itu sebabnya saya tidak pernah percaya sama perokok berat yang mengatakan sulit berhenti merokok dengan alasan terbaiknya.

Kalau berhasil memulai sesuatu yang tidak biasa dan mulai menjalani sesuatu yang berbeda. Tentu dengan tujuan yang lebih baik maka kemungkinan besar Anda memulai meniti tangga menuju sukses, trust me! Begitupula sebaliknya Anda akan berputar-putar di situ saja dengan keyakinan yang Anda bangun sendiri untuk meneruskan kebiasaan buruk tersebut. Itulah mengapa untuk berubah butuh pengorbanan.

Mungkin bangun pagi tidak ada hubungannya dengan kesuksesan seseorang, karena banyak juga orang sukses bangunnya juga siang. (Jujur saja, saya sekarang sering bangun siang juga sih, karena malamnya tetap bekerja, berpikir, dan berkontemplasi). Tetapi tidak salah juga mengatakan bahwa orang-orang sukses itu dulu pada awalnya juga bangun pagi-pagi karena takut rezekinya dicaplok orang lain. Mereka bekerja lebih keras sepenuh hati dan tekun. Seperti pepatah mengatakan, “Secepat-cepatnya ayam berkokok, toh burung juga yang duluan memakannya:”. Nah, kesuksesan yang telah diraihlah yang membuat mereka mungkin bangun lebih siang karena sudah mempunyai karyawan yang menggantikan tugasnya.

Merokok juga tidak ada hubungannya dengan kesehatan, karena tidak sedikit orang berumur panjang meski tetap melanjutkan kebiasaannya merokok. Tapi jangan salah juga bahwa tidak sedikit juga orang yang matinya tersiksa, duit habis karena paru-parunya bolong-bolong. Apapun itu yang paling sulit adalah memulainya, apalagi memulai sesuatu yang tidak biasa.

Bagi kebanyakan cara pandang masyarakat Indonesia menjadi pengusaha adalah pilihan kesekian setelah pilihan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau karyawan  hebat. Tetapi seiring perubahan kondisi zaman, peran pebisnis juga semakin menarik. Bahkan dengan semakin bertaringnya Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), banyak orang mulai mikir-mikir untuk mengakhiri karirnya menjadi PNS dan memilih menjadi pebisnis. Bahkan pemerintah mulai mempersiapkan program pensiun dini bagi PNS yang kurang berkompeten. Waduh, provokator nih, hehe. Hanya saja bagaimana harus memulainya, ya?

Kadangkala saat seseorang kepepet seperti mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau drop out dari bangku kuliah, memberikan mereka kebranian luar biasa untuk nyebur memulai sebuah bisnis usaha. Sebaliknya bila keadaan begitu nyaman, aman-aman saja (safe) akan terasa sulit untuk melakukan perubahan. Pikiran negatiflah yang begitu dominan untuk menghalangi diri seseorang untuk melakukan sebuah perubahan.

memulai bisnis

MENGUBAH KEBIASAAN

Saat pertama kali terpaksa memberikan pidato sambutan pada sebuah acara halal bil halal di hadapan 100 orang. Keringat sebiji jagung pun mengalir deras keluar dari pori-pori saya. Dengkul saya pun bergetar seperti sedang menahan gempa sebesar 10 skala richter. Sudah pasti hasilnya pun memalukan, Tapi saya nekat kembali naik panggung memberikan kata sambutan untuk acara apapun setelahnya, yang hasilnya semakin baik dari waktu ke waktu.

Bahkan kadangkala saya menemukan kenikmatan dan kebanggaan bisa berbicara di hadapan orang banyak karena bisa berbagi. Sepanjang itu baik buat orang lain dan mendukung kesuksesan saya maka kebiasaan buruk yang akan mengganggu peta jalan kesuksesan saya.

Ada sejuta alasan bagus untuk tidak memulai sebuah bisnis. Tidak punya modal, tidak memiliki tempat, miskin ide, gimana juga kalau gulung tikar? Sebaliknya melihat orang lain yang ulet menjalani usahanya sendiri dan berhasil, tentu saja memberikan perasaan iri atau kagum, kok dia bisa yah? Dua kutub yang terus bertarung dalam kepala dan percayalah bahwa kutub negatif-lah yang selalu menang. Sama seperti seratus orang baik begitu sulitnya mengajak seorang yang jahat untuk bertobat, tapi seorang pendosa begitu gampangnya mengajak seratus orang baik-baik untuk ikut berkubang dosa. Seglintir saja yang berani keluar dari kebiasaan-kebiasaannya dan memutuskan untuk menjadi pebisnis.

Kebiasaan-kebiasaan buruk dan sayangnya kita semua memilikinya, Salah satu perbuatan paling sulit untuk dilakukan adalah menghilangkannya. Badan Anda akan terasa gatal-gatal, gerakan menjadi kikuk, batin berontak, dan itu benar-benar tidak menyenangkan. Mengubahnya menjadi kebiasaan-kebiasaan baru yang mendukung kesuksesan Anda merupakan harga yang setimpal untuk dilakukan.

Kono air seni (urine) yang dianggap sebagai saluran terakhir menuju comberan yang kotor, menjijikan, dan beracun, ternyata setelah diteliti oleh Japanesse Medical Association memberikan hasil yang berbeda. Air seni yang baru keluar dari tubuh ternyata 100% steril, sama sterilnya dengan serum dan  darah itu sendiri. Ginjallah yang menyaringnya hingga bersih dan bebas bakteri.

(Ingat ya, urine yang baru keluar dari tubuh lho yang steril! Karena urine yang terlalu lama berada di udara terbuka akan bercampur dengan udara (teroksidasi) yang memicu bau dan mengundang bakteri. Bukan juga urine yang telah terkontaminasi penyakit kelamin).

Saya tidak mengajarkan Anda untuk meminum urine milik Anda sendiri, karena saya pun tidak melakukannya. Nah, bagi orang-orang yang percaya dengan pengobatan alternatif, meminum air seni sendiri diyakini sanggup mempertahankan kesehatan tubuh. Setidaknya begitulah persepsi dan pendapat mereka. Tanya saja kalau tidak percaya! Meski nyeleneh tapi sudah banyak orang yang mencobanya.

Perubahan kebiasaan yang radikal seperti ini juga bisa disiasati dengan memulainya dengan pelan-pelan, sepanjang memiliki tujuan yang bagus. Begitupula mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baru guna mendukung niat Anda untuk menjadi kaya tidak bisa cara radikal, pelan-pelan juga boleh saja yang penting kan hasil akhirnya berubah.

PRINSIP BERBISNIS PERTAMA: BELI MURAH JUAL MAHAL

Apapun ceritanyak, jangan menjual apapun lebih murah dari biaya produksinya. Karena Anda akan binasa! Kadangkala kesabaran bisa juga menjawab persoalan ini, mungkin orang-orang belum tahu akan keunggulan dan khasiat produk Anda atau apalah. Hanya saja sampai selama apa kesabaran Anda menunggu produk tersebut laku terjual sehingga Anda berpikir ya diobral saja deh.

Mungkin pembeli menganggap produk Anda kemahalan, sementara Anda menganggap harga tersebut wajar-wajar saja.

Oleh karenananya Anda harus benar-benar paham di mana menemukan penjual (supplier) bahan baku dengan harga termurah, ongkos produksi paling efisien meskipun tidak mengurangi kualitas dan sistem distribusi produk dengan biaya terjangkau. Banyak yang menyiasatinya dengan membeli bahan baku lebih banyak agar mendapatkan diskon lebih besar, memproduksi barang lebih banyak sehingga ongkos produksi menjadi lebih murah. Bisnis membuat web atau blog adalah bisnis yang menarik. Selain harus memiliki naskah yang bagus juga mesti memperhatikan banyak hal seperti desain grafis yang menarik (eyed catching), tata letak layout yang renyah dan harga jual website atau blog yang pas.

Tapi yang tidak kalah penting adalah beberapa ongkos membuatnya? Sebagai contoh saja untuk web atau blog sederhana, biaya produksi mencapai Rp300.000 per tahun. Itu bila Anda membuatnya cuman satu website saja. Tetapi kalau Anda membuatnya sebanyak 10 website sekaligus maka ongkos pembuatannya langsung melorot cuman Rp100.000 saja per website. Jelas yah perbedaannya.

PRINSIP BISNIS KEDUA: UANG MASUK DIPERCEPAT, UANG KELUAR DIPERLAMBAT

Ingatlah prinsip ini baik-baik! Karena semua pebisnis sukses menerapkan prinsip ini, siapapun dia tidak terkecuali. Kalau yang namanya duit, jangan pernah dihalangi masuk, setuju dong! Bila perlu Anda ingatkan kepada semua pihak-pihak yang mesti menyetorkan uangnya ke rekening Anda agar tepat waktu. Apakah sampai segitunya? Ya iyalah, karena itulah urat nadi bisnis Anda.

Sebaiknya perlambat uang keluar dari rekening Anda. Jangan buka krn rekening Anda lebar-lebar nanti isinya lekas terkuras habis. Bagaimana caranya? Kalau Anda mempunyai pemasukan tentu Anda juga memiliki pengeluaran untuk bayar-bayaran seperti bayar cicilan, bayar biaya produksi, bayar bahan baku dan sebagainya. Pesannya adalah semuanya itu jangan dikeluarkan sekaligus! Tetapi mintalah dibuatkan cicilan, bila perlu cicilannya yang selama mungkin (maksimal). Efeknya apa? Anda akan lebih leluasa untuk tumbuh tanpa terlalu banyak pikiran tersita guna menyelesaikan utang-utang tersebut.

Anda tidak harus melihat seluruh anak tangganya.

Ambil saja langkah pertama, just do it now

– Martin Luther King –