Kelemahan UMKM dalam Bersaing

Kelemahan UMKM dalam Bersaing

Ceroboh dan Teledor Dalam Menjual, adalah Kelemahan UMKM dalam bersaing. Pengusaha biasanya sering menjalankan bisnis dengan kecerobohan dan kurang berhati-hati. Penyakit yang sederhana ini juga dapat sangat mematikan. Salah satunya adalah menjual dengan ceroboh dan teledor. Pengusaha sering kali kurang perhatian terhadap pembelinya, pelayanan yang tidak baik, sering kali mengecewakan pembeli dapat menyebabkan pembeli lari ke tempat lain.

Seorang calon pembeli menanyakan harga produk yang ditawarkan, tetapi Anda tidak dapat menjawab dan mempersilahkan pembelinya langsung telepon ke pemilik perusahaan karena masalah harga menjadi wewenang pemilik. Calon pembeli marah dan berkata “Kalau jualan tidak tahu harga produk maka jangan jualan, pemiliknya saja yang disuruh menjadi seorang salesman. Anda duduk-duduk di kantor saja!”

Seseorang menjahitkan setelan jas untuk acara resepsi, setelah disepakati tentang lamanya pemesanan (order), pemesan datang kembali kepada si penjahit pada hari yang hari yang sudah ditentukan. Ternyata jasnya belum rampung, sedangkan jas tersebut harus segera digunakan untuk acara pertunangan, tentu hal ini akan membuat sebuah keributan.

Penjual selalu memberikan uang kembalian dengan permen. Oleh seorang pembeli tersebut permen itu dikumpulkan lalu dipakai untuk membeli di tempat penjual tersebut. Penjual itu marah, “Kamu yang benar saja beli barang dibayar pakai permen, memang ini toko punya bapakmu!”

Seorang penjual berkata, “Ukuran kaki ibu terlalu besar, silahkan saja ibu pergi ke rak sepatu basket pria, disana pasti banyak yang cocok”. Masalah yang dapat timbul adalah:

  • Penjual menyinggung perasaan pembeli.
  • Penjual tidak bisa memahami kebutuhan dari pembeli.
  • Pembeli tidak datang lagi ke toko karena kecewa, sehingga lama kelamaan pembeli habis tidak ada yang berkunjung.

Penyakit semacam ini dapat di obati dengan ketrampilan menjual yang ramah dan profesional. Itulah artikel tentang Kelemahan UMKM dalam Bersaing, semoga dapat beranfaat