Investasi Properti Dengan Modal Kecil

Tips Investasi Properti Dengan Modal Kecil

Tips Investasi Properti Dengan Modal Kecil – Properti menjadi salah satu instrumen investasi yang memberikan keuntungan yang sangat besar. Namun demikian, masih saja banyak orang yang sering terganjal masalah dana saat ingin memulai bisnis properti tersebut. Beberapa pakar investasi menyebutkan, ada strategi khusus untuk menyiasati minimnya modal yang kita miliki ketika hendak berinvestasi di sektor properti.

Pertama adalah pemilihan apartemen atau perumahan yang termasuk dalam kategori low end sehingga Anda tak akan mengeluarkan biaya yang besar dan masih terjangkau kocek Anda. Selanjutnya, Anda bisa memilih lokasi yang strategis. Caranya dengan memperhatikan lingkungan di sekitar perumahan atau apartemen tersebut. Apakah daerah tersebut merupakan area perkantoran,pusat perbelanjaan, sekolah, atau universitas dan lain sebagainya. Cari tahu juga rata-rata tingkat okupansi di daerah itu, bukan dari beberapa tim sales pengembang melainkan secara mandiri.

Investasi Properti Dengan Modal Kecil

Selain hal di atas, yang harus Anda pertimbangkan sebagai Tips Investasi Properti Dengan Modal Kecil adalah pengembang, kontraktor dan tim manajemen dari sebuah proyek properti tersebut. Pastikan Anda tidak salah dalam memilihnya, sebab jika ada masalah secara otomatis proyek Anda pun akan terhambat bahkah tidak sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan.

Pilih pembayaran dengan sistem angsuran, dan ambilah tenor pembayaran  yang cukup lama sehingga tidak akan mengganggu cash flow keuangan bulananan Anda. Sisihkan sekitar 30 persen dari gaji atau pendapatan bulanan Anda untuk membayar cicilan. Walaupun saat ini Bank Indonesia telah membelakukan aturan bahwa uang muka yang di setor minimal 30 persen dari nilai porperti, sekarang ini banyak pengembang properti yang memberi keringanan di mana uang muka tersebut bisa di cicil hingga 6 kali pembayaran.

Setelah Anda menentukan cara pembayaran, calon investor dapat memutuskan apakah mereka akan menyewakan propertinya itu ala tuan tanah atau cuma sekedar profit gain. Nah, sebagai gambaran Anda, apabila Anda membeli sebuah apartemen sebelum bangunan berdiri secara total, dan kemudian menjualnya saat sudah beroperasi, margin keuntungan bisa 200 persen. Sebaliknya, jika Anda ingin berinvestasi properti namun dengan membangunnya sendiri, hal ini tentu saja kurang efisien. Sebab jika Anda ingin membangun rumah sendiri, akan ada kecenderungan over budget. Untuk itu, jangan lakukan hal ini jika dana Anda terbatas, dan jika ada budget tambahkan 30 persen dari perencanaan semula untuk dana darurat.

Itulah Tips Investasi Properti Dengan Modal Kecil, semoga bermanfaat! Baca Juga Cara Mudah Bisnis Minuman Kekinian